Search

Pelaksanaan Program Review di Kalurahan Sriharjo

Diskusi terkait sampah merupakan salah satu topik yang sering dibicarakan. Hal ini sepatutnya melibatkan seluruh pihak, mulai dari rumah tangga, pemerintah, lembaga non-pemerintah serta pihak swasta, sehingga perlu komitmen bersama untuk menanganinya.

Di Kalurahan Sriharjo, Pengolahan dan Pengelolaan Sampah menjadi salah satu program pemerintah yang penting untuk dievaluasi bersama. Menurut salah satu evaluator, hal yang mendasar adalah kesadaran masyarakat mengenai kebutuhan untuk memiliki lingkungan yang bersih. Sebagus apapun program tersebut, tanpa ada kesadaran dari masyarakat, akan menjadi sia sia. Regulasi terkait sampah di tingkat kalurahan juga menjadi salah satu rekomendasi untuk ditindaklanjuti agar pengelolaan dan pengolahan sampah menjadi semakin tepat sasaran, efektif, dan berkelanjutan. Kerjasama semua pihak menjadi kunci dalam menyelesaikan permasalahan sampah yang kompleks ini.

Program review, sebagai metode evaluasi pogram pemerintah yang melibatkan masyarakat, telah dilaksanakan sebanyak tiga kali sejak tahun 2022 di Kalurahan Sriharjo. Di tahun 2024 ini, selain program Pengelolaan dan Pengolahan Sampah, program lain yang direview adalah Penyelenggaraan Posyandu Lansia. Pelaksanaan Program Review diharapkan dapat menghasilkan perbaikan program yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat serta meningkatkan transparansi dan akuntabilitas terhadap program pemerintah.

Bagikan Artikel :
Facebook
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Artikel Lain di Penelitian dan Evaluasi Program