Search

Tentang Kami

YNS adalah institusi yang mengkhususkan diri dalam melakukan pengembangan kapasitas dan kegiatan penelitian terkait isu tata kelola pemerintahan dan pendidikan yang baik, terutama pada sektor pembangunan daerah di Indonesia. YNS didirikan pada tahun 1999 dan secara aktif melakukan studi kebijakan strategis serta program pembangunan yang inovatif sejak saat itu.

Sebagai organisasi independen, YNS mampu secara langsung memberikan pendekatan berbasis pengetahuan terhadap aspek-aspek pembangunan daerah terutama aspek pembangunan manusia sebagai basis utama dalam pembangunan di tingkat daerah.

Pembangunan manusia memiliki hubungan yang sangat erat dengan perwujudan Good Governance. Pembangunan manusia melalui keberadaan sektor pendidikan yang baik akan mendorong dan meningkatkan Good Governance, sebaliknya program-program pendidikan yang baik tidak akan berjalan efektif dan massif tanpa adanya Good Governance. Oleh karena itu, dalam 5 tahun terakhir YNS mulai fokus pada sektor pendidikan.

anak anak Bintuni

Tim Kami

Dr. (HC) Willi Toisuta, Ph.D
Founder

Dr. (HC) Willi Toisuta, Ph.D. adalah pendiri Yayasan Nusantara Sejati (YNS) dan The Willi Toisuta and Associates (WTA). Ia mengawali karirnya sebagai pendidik dengan menjadi Kepala Sekolah Pendidikan Guru (SPG) di Soe, Kupang, tahun 1961. Rektor ke-3 di Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga, penggagas dan mantan sekretaris BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional – Perguruan Tinggi) dan aktor intelektual lahirnya sistem SKS (Sistem Kredit Semester) yang kini dipakai se-Indonesia.

Ia menyandang gelar Ph.D bidang Perencanaan Pendidikan dari Macquarie Univeristy, Australia (1974), Doktor Kehormatan Hukum (DR. HC) dari Kwansei Gakuin University, Nishinomiya-Osaka, Jepang (1997) dan Doktor Kehormatan dari Kwansei Gakuin University (2012). Sejak 1973, ia telah terlibat sebagai konsultan dalam berbagai kegiatan pendidikan yang dilaksanakan oleh Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia (DEPDIKNAS RI), maupun lembaga-lembaga donor seperti World Bank, USAID, AusAID, ADB, UNDP, UNICEF, CIDA, JICA, dan lain-lain.

Kepakarannya dalam dunia pendidikan tidak diragukan dan dapat dibuktikan melalui rekam jejak lintas negara di dunia, seperti Indonesia, Timor Leste, Macao, Australia, Europe, Hongkong, ASEAN, USA, China, Taiwan, dan lainnya. Saat ini Beliau terlibat aktif dan menjadi Tenaga Ahli Gubenur NTT di Bidang Pendidikan.

Ir. Eka T. P. Simanjuntak, MM
Executive Director

Ir. Eka T. P. Simanjuntak, MM adalah Executive Director di YNS. Ia mulai meniti karir profesional di bidang pengembangan bisnis, seperti periklanan dan penerbangan. Kemudian, aktif dalam program pemberdayaan sosial, kewirausahaan dan peningkatan kapasitas sumber daya manusia. Keaktifannya dapat dilihat dalam keterlibatannya sebagai fasilitator, project coordinator, project manager, director, executive secretary dan executive director pada berbagai institusi ternama di Indonesia.

Pada tahun 2001, ia dipilih sebagai managing director pada The Institute of Good Governance and Regional Development (IGGRD), sebuah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang didirikan oleh Dr (HC) Willi Toisuta, Ph.D. Setelah sukses menyelesaikan berbagai proyek pengembangan pendidikan di IGGRD, pada tahun 2004 bersama dengan Dr. Toisuta mendirikan The Willi Toisuta and Associates (WTA), sebuah perusahaan konsultan yang berkedudukan di Jakarta.

Ia memiliki keahlian manajemen proyek dan sukses menangani berbagai proyek kerja sama dengan pemerintah pusat, pemerintah daerah dan lembaga donor berskala internasional, seperti World Bank, AusAID, UNICEF, DfID, dan lainnya. Kesuksesan tersebut tidak terlepas dari latar belakang pendidikan Magister Manajemen dalam bidang Manajemen Strategi dari Prasetiya Mulya Business School, Jakarta.

Eka Simanjuntak Direktur YNS
Dharmaputra T. Palekahelu
Dr. Dharmaputra Palekahelu, S.Pd, M.Pd
Director of Regional Planning & Development

Dr. Dharmaputra Palekahelu, S.Pd, M.Pd, adalah Direktur Penelitian & Pengembangan Program Pendidikan YNS. Seorang dosen di Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) dan terlibat aktif sebagai fasilitator pada berbagai program pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia, seperti pelatihan bagi guru-guru, pengembangan Sekolah Model dan desain sistem pembelajaran. Beberapa tahun terakhir ini terlibat dalam Pengembangan Program Literasi pada sejumlah Sekolah Dasar di Papua, Papua Barat dan NTT.

Erren V. A. Hutauruk, S.Pd
Branch Office Head of Papua

Erren V. A. Hutauruk, S.Pd, adalah Head of Branch YNS Cabang Papua. Semenjak bermahasiswa ia sudah terlibat aktif sebagai relawan dalam berbagai program pengabdian masyarakat di Indonesia. Hingga sekarang ini, terhitung 30 tahun lamanya ia berpengalaman dalam program pendampingan masyarakat. Berbagai posisi program strategis secara berturu-turut pernah ia emban, diantaranya asisten peneliti, asisten sekretaris, sekretaris, asisten koordinator, koordinator program, fasilitator, administrator officer dan account manager.

Imanuel Djahi, S.Sos
Senior Associate

Imanuel Nathaniel Djahi, S.Sos, Senior Associates YNS. Memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun mengelola proyek pemberdayaan masyarakat, dengan mengawali karirnya sebagai asisten konsultan, staf, enumerator, asisten direktur proyek dan fasilitator program pemberdayaan sosial. Konsistensinya dalam program pemberdayaan masyarakat terlihat dari rekam jejaknya semenjak bermahasiswa, yang mana menjadi salah satu pendiri Pos Komando Penampungan Aspirasi Masyarakat (POSKOPAM) untuk wilayah Jawa Tengah. Sebuah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang diisi oleh para aktivis mahasiswa dan sukses melakukan gerakan advokasi penyadaran hak-hak sebagai warga negara dan kaum marginal di wilayah pedesaan maupun perkotaan di Provinsi Jawa Tengah. 

Luh Nyoman Dewi Triandayani, M.Si
Finance Manager

Luh Nyoman Dewi Triandayani, M.Si, adalah Finance Manager YNS. Ia memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun mengelola keuangan perusahaan dan berbagai proyek pembuatan kebijakan publik. Ia mengawali karir sebagai staf, program officer, office manager, government specialist, communication specialist hingga direktur eksekutif pada beberapa NGO di Jakarta. Lulusan Universitas Indonesia ini juga memiliki pengalaman sebagai data compilation and data analysis.

Mirtanina Sisyelin Bawekes, S.Si
Senior Associate

Mirtanina Sisyelin Bawekes, S.Si, adalah program manager YNS dalam kegiatan peningkatan literasi baca-tulis di Papua. Ia adalah mentor dan trainer (pelatih) di bidang STEM dan 4T. Sebelumnya, ia bekerja sebagai guru Biologi di SMA dan sukses mengantongi sertifikat mentor pelatih untuk proyek penelitian stadium ruang angkasa atau proyek STEM bagi siswa. Mendesain kurikulum sekolah, melakukan mentoring bagi siswa dan mengorganisir event menjadi pengalaman yang juga pernah ia sukseskan sebelumnya.

Layanan Kami

Manajemen Program

Mengelola program-program peningkatan kapasitas sumberdaya manusia dan pembangunan daerah yang dirancang dan didanai oleh pemerintah, lembaga donor, perusahaan/koorporasi (program CSR)

Peningkatan Kapasitas SDM

Merancang dan melaksanakan program-program peningkatan kapasitas berbasis kompetensi bagi tenaga pendidik, tenaga kependidikan, anggota parlemen, aparat pemerintah daerah dan aparat desa.

Konsultasi

Memberikan masukan, pendapat dan usulan dalam upaya menemukan pilihan solusi dalam mengatasi persoalan-persoalan di bidang pendidikan.

Penelitian dan Evaluasi Program

Merancang dan melaksanakan berbagai jenis penelitian, assesmen dan evaluasi terkait isu dan program yang terkait pendidikan, kesehatan dan pembangunan daerah.

Yang Telah Kami Lakukan

0
Penelitian
0
Workshop & Pelatihan

Penerima Manfaat

0
Tenaga Pendidik
0
Peserta Didik
0
Sekolah
0
Fasilitator

Apa Kata Mereka

Mitra Kerja

Hubungi Kami

Lebih Dekat Dengan Kami

Anda bisa menghubungi kami secara langsung melalui media di bawah ini

Yayasan Nusantara Sejati