Layanan Kami

Manajemen Program

Mengelola program-program peningkatan kapasitas sumberdaya manusia dan pembangunan daerah yang dirancang dan didanai oleh pemerintah, lembaga donor, perusahaan/koorporasi (program CSR)

Peningkatan Kapasitas SDM

Merancang dan melaksanakan program-program peningkatan kapasitas berbasis kompetensi bagi tenaga pendidik, tenaga kependidikan, anggota parlemen, aparat pemerintah daerah dan aparat desa.

Konsultasi

Memberikan masukan, pendapat dan usulan dalam upaya menemukan pilihan solusi dalam mengatasi persoalan-persoalan di bidang pendidikan.

Penelitian dan Evaluasi Program

Merancang dan melaksanakan berbagai jenis penelitian, assesmen dan evaluasi terkait isu dan program yang terkait pendidikan, kesehatan dan pembangunan daerah.

Produk Unggulan

Literasi Kelas Awal

Program literasi baca tulis bertujuan mengembangkan kemampuan guru dalam merancang pembelajaran literasi baca tulis, mengembangkan materi pembelajaran, serta mengelola kelas dan mengembangkan sistem evaluasi baca tulis siswa yang relevan dan menarik bagi siswa-siswa Sekolah Dasar.  Literasi baca tulis yang diterapkan Yayasan Nusantara Sejati adalah literasi berimbang yang mencakup 4 ketrampilan dasar, yakni: dengar, baca, ucap, dan tulis, yang dikembangkan melalui 9 komponen literasi, yakni: kesadaran cetak, fonologi, pengetahuan abjad, fonik, pemahaman, kosakata, berbicara, tata bahasa, dan menulis.

Disiplin Positif

Disiplin berkarakter adalah program yang memampukan anak untuk memahami tingkah lakunya sendiri, berinisiatif dan bertanggung jawab atas keputusan dan perilaku yang mereka pilih, serta menghormati dirinya sendiri dan juga orang lain. Disiplin Berkarakter menanamkan kebiasaan ‘memikirkan konsekuensi sebelum bertindak’ serta mendemonstrasikan yang baik sepanjang hidup anak.”

Pembelajaran 4T

Pembelajaran 4T merupakan program yang bertujuan untuk membantu anak-anak membangun cara belajar yang sistematis dan mengekspresikan ide-ide secara konstruktif. Pendekatan pembelajaran yang digunakan pada 4T adalah pembelajaran yang berpusat kepada siswa, yang berguna untuk menstimulasi dan mengoptimalkan kapasitas belajar dan cara berpikir siswa melalui daur belajar/ metode saintifik. Siswa termotivasi tinggi untuk belajar dan semakin mudah mempelajari berbagai mata pelajaran termasuk sains dan matematika yang berkualitas.

Literasi Berhitung (Numerasi)

Literasi Berhitung adalah program yang bertujuan untuk melatih dan mengembangkan kemampuan guru agar mampu mengembangkan dan melaksanakan sistem pembelajaran numerasi yang kontekstual, menyenangkan dan bermakna bagi siswa.

Program Unggulan

Intervensi Sekolah

Meningkatkan kualitas proses pembelajaran di sekolah terutama untuk Pembelajaran Literasi baca tulis dengan pemahaman; Numerasi Kontekstual; STEM; pendekatan Telaah, Teliti, Tata dan Turtur (4T), serta penerapan Disiplin Berkarakter.

Pengembangan Sekolah Model

Program ini bertujuan untuk mengembangkan sekolah untuk dijadikan sekolah rujukan bagi sekolah-sekolah lain yang ada di wilayah tertentu. Sekolah-sekolah model ini akan dikembangkan secara komprehensif, mulai dari pembenahan terhadap manajemen sekolah; kapasitas dan kompetensi kepala sekolah, guru dan tenaga pendidikan; kurikulum dan proses belajar-mengajar; penataan fasilitas pendukung serta meningkatan partisipasi masyarakat dan desa dimana sekolah berada.

Penerapan Pembelajaran Hybrid / Blended Learning

Pembelajaran dengan metode campuran (Hybrid/Blended Learning) sudah menjadi trend masa depan (abad 21). Proses pembelajaran ini membutuhkan kompetensi (pengetahuan, ketrampilan dan sikap) pendidik yang berbeda dengan yang selama ini dilakukan di sekolah. YNS mengembangkan e-platform dengan sistem pembelajaran (LMS) yang sesuai dengan trend dan kebutuhan di abad yang baru (Hybrid/Blended Learning).

Pelatihan Fasilitator Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat

Pelatihan Fasilitator agar memiliki kecakapan yang bersifat holistik sehingga dapat membantu melatih dan mendampingi sekolah-sekolah dan memfasilitasi dalam meningkatkan partisipasu masyarakat dalam pendidikan.

Peningkatan Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan

Meningkatkan kompetensi Guru dan tenaga pendidik dalam hal:

  • Kurikulum dan penerapan Pembelajaran Berorientasi Siswa
  • Penerapan Pendekatan Disiplin Berkarakter (Disiplin Positif dan Pendidikan Berkarakter)
  • Pemanfaatan Teknologi Informasi (TIK) dalam Pembelajaran (Hybrid/blended)
  • Evaluasi Pembelajaran

Pengelolaan Beasiswa (Dalam dan Luar Negeri)

Pengelolaan beasiswa instansi pemerintah maupun swasta bagi siswa dan mahasiswa Indonesia agar siap dan sukses dalam melanjutkan pendidikan tinggi di luar negeri. Pengelolaan ini mulai dari merancang program, melakukan seleksi dan mempersiapkan penerima beasiswa sebelum mulai pendidikannya di dalam maupun diluar negeri.

Mari Berkontribusi dan Menjadi Bagian Dari Upaya Kami

Kami menerima kontribusi keuangan dari perorangan atau pribadi, yayasan, perusahaan, dan entitas lainnya. Kontribusi Anda dapat diberikan ke akun berikut:

Logo Yayasan Nusantara Sejati

Bank Mandiri
a/n Yayasan Nusantara Sejati
No Rek : 102 00 10022223

Konfirmasi Donasi : iggrd@iggrd.or.id

Terima kasih atas donasi yang Anda berikan.