Rakor Harmonisasi Persiapan Satu Tahun PAUD Pra SD Dengan Dinas Pendidikan Kab. Bogor

Memasuki tahun ketiga program PAUD Berkualitas 1 Tahun Pra SD di Kabupaten Bogor menunjukkan perkembangan yang positif. Hasil Studi Midline yang dilakukan oleh Yayasan Nusantara Sejati (YNS) menggambarkan perubahan yang semakin baik dari kondisi sebelumnya (Studi Baseline), walaupun masih ada kondisi serta tantangan yang memerlukan penanganan secara berkelanjutan.

Beberapa tantangan yang dihadapi terjadi pada level lembaga PAUD/masyarakat, dan juga pada level pemerintah kabupaten. Tantangan pada level lembaga PAUD antara lain seperti persoalan baca-tulis-hitung atau calistung. Terdapat kecenderungan orang tua mengharapkan buah hati mereka bisa cepat menulis, membaca, dan berhitung pada usia dini, walaupun hal ini bertentangan dengan kebijakan pemerintah, serta pandangan para ahli pendidikan usia dini. Tantangan lain yang cukup serius adalah kualifikasi tenaga pendidik dan implikasinya terhadap mutu layanan pembelajaran.

Pada level kabupaten, salah satu tantangan yang dihadapi adalah masih perlunya mendorong meningkatnya pemahaman dalam pengelolaan PAUD HI dari pelaku internal dinas pendidikan (di luar bidang/seksi yang selama ini menjadi mitra kerja UNICEF). Hal ini memberikan dampak terhadap efektivitas dalam mengatasi berbagai masalah yang ada.

Berdasarkan kondisi tersebut di atas, sebagaimana permintaan UNICEF, YNS melakukan kegiatan yang dapat menjadi forum untuk saling memberi informasi, input dan mencari solusi bersama. Forum ini akan melibatkan berbagai pihak terkait yang selama ini aktif mendampingi sejumlah PAUD yang ada di Kabupaten Bogor.

Pertemuan Harmonisasi Koordinasi ini berlangsung selama satu hari, pada 6 Maret 2019 bertempat di Kinasih Resort and Conference, Caringin, Kab. Bogor. Peserta yang hadir adalah perwakilan dari mitra Dinas Pendidikan dan mitra UNICEF.

Kegiatan ini diakhiri dengan Rencana Tindak Lanjut (RTL), yang hasilnya akan diberikan kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor sebagai masukan yang berasal dari aspirasi stakeholder. Diharapkan masukan ini akan dijadikan dasar dikeluarkannya peraturan daerah yang mendukung PAUD Pra-SD di Kabupaten Bogor.

 

Bagikan Artikel :
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Artikel Lain di Penelitian dan Evaluasi Program

Mari Berkontribusi dan Menjadi Bagian Dari Upaya Kami

Kami menerima kontribusi keuangan dari perorangan atau pribadi, yayasan, perusahaan, dan entitas lainnya. Kontribusi Anda dapat diberikan ke akun berikut:

Bank Mandiri
a/n Yayasan Nusantara Sejati
No Rek : 102 00 10022223

Konfirmasi Donasi : iggrd@iggrd.or.id

Terima kasih atas donasi yang Anda berikan.