Search

Program Replikasi Literasi Baca Tulis di Kabupaten Mamberamo Tengah

Sejak 2019, YNS dipercaya oleh Pemerintah Daerah Mamteng melalui Dinas Pendidikan untuk melaksanakan program intervensi literasi baca tulis di sejumlah SD. Hingga sekarang ini terdapat 13 SD yang telah diintervensi yang tersebar di Distrik Kobakma, Ilugwa, Kelila dan Eragayam.

Program intervensi yang dilakukan mencakup pelatihan dan pendampingan guru, pembuatan sudut baca, rapat konsolidasi kampung dan kampanye pendidikan. Para fasilitator ditempatkan untuk mendampingi sekolah secara intensif.

Perubahan positif yang terjadi semenjak intervensi program adalah meningkatnya animo masyarakat untuk menyekolahkan anak-anaknya di Mamteng, anak-anak semakin minat ke sekolah sehingga tingkat kehadiran mereka meningkat, suasana pembelajaran menjadi menyenangkan karena metode pengajaran guru yang menjadi lebih kreatif dan ramah anak serta display kelas dan sudut baca yang membuat suasana kelas menjadi semakin menarik. Kepedulian orang tua dan masyarakat juga semakin meningkat dengan memperhatikan jam bangan dan sarapan anak serta adanya kontribusi dari masyarakat untuk membantu sekolah seperti pembangunan pagar, toilet, sudut baca, dan lain-lain.

Pada, 19 dan 20 Oktober 2022, baru saja dilakukan kegiatan Monitoring dan Evaluasi program dari Tim Pengarah Pendidikan. Kegiatan terdiri dari pertemuan pembahasan kemajuan program dan kunjungan langsung ke sekolah oleh Pemerintah Daerah. Berdasarkan pertemuan tersebut diperoleh hasil pengukuran baca tulis anak sebelum dan sesudah intervensi yaitu terdapat penurunan angka non-pembaca sebesar 30% dari siswa kelas awal. Pada kunjungan di sekolah juga diperoleh hasil bahwa sudah terjadi perubahan positif dari perilaku mengajar guru dan display kelas. Meskipun masih terdapat tantangan yang perlu dijawab dengan serius yaitu terkait isu guru mangkir yang masih tinggi di Mamteng.

Bagikan Artikel :
Facebook
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Artikel Lain di Pengelolaan Program