Search

Penerapan Project Based Learning Rumpin Goras, Tahap ketiga – Tata

Pada PBL tahapan ketiga, anak-anak mengendapkan seluruh pengalaman belajar mereka, melakukan refleksi terkait pembuktian yang sudah dilakukan dan menata pemahaman mereka.

Hal ini dikakukan melalui aktivitas tanya jawab antara fasilitator dan anak-anak. Pertanyaan guru bersifat pemantik bagi anak untuk melihat relasi antara apa yang sudah dipahami sebelumnya (pada tahap I) dan apa yang sudah dibuktikan pada tahapan II.

Dalam bahasa yang sederhana, Fasilitator bertanya: Apakah mudah menangkap ikan di Kampung Goras? Kenapa membutuhkan waktu yang relatif lama untuk mendapatkan ikan? Apakah laut sebagai “rumah ikan” di Kampung Goras dalam kondisi bersih? Apa ciri utama dari ikan segar? Bagaimana rasanya menikmati makan ikan yang dimasak hari ini?

Anak-anak terlihat sangat bersemangat dalam memberikan jawaban dan mereka bisa saling melengkapi. Ini menggambarkan betapa anak sangat memahami apa yang ditanyakan dan apa masalahnya, karena berkaitan dengan apa yang dilakukan secara langsung. Anak belajar untuk menyampaikan pendapat berdasarkan apa yang sudah dibuktikan secara langsung.

Fasilitator menutup pertemuan ini dengan menekankan pentingnya anak-anak semua menjaga kebersihan laut sebagai rumah ikan yang sehat agar semakin mudah mendapatkan ikan, serta menikmati ikan segar yang dimasak dengan ragam bumbu yang ada di Kampung Goras.

Bagikan Artikel :
Facebook
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Artikel Lain di Pengelolaan Program