YNS Jalin Kerjasama dengan 6 Kabupaten di Provinsi Papua untuk Tingkatkan Literasi Kelas Awal

Pada hari Rabu 25 Januari 2021, Yayasan Nusantara Sejati (YNS) menandatangani perjanjian kerjasama (MoU) bersama dengan Dinas Pendidikan dan Pengajaran (P&P) Kabupaten Lanny Jaya. Dalam agenda tersebut turut hadir Kepala Dinas Pendidikan, Perpustakaan, dan Arsip Daerah (DPPAD) Provinsi Papua, Kepala Dinas Pendidikan Lanny Jaya, Ketua Komisi DPRD Lanny Jaya yang membidangi bagian pendidikan dan perwakilan YNS di Jayapura. Direktur YNS juga turut hadir melalui live video conference.

Kepala DPPAD Provinsi Papua, Christian Sohilait menyebutkan bahwa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI memiliki 3 program besar, yakni Organisasi Penggerak, Guru Penggerak dan Sekolah Penggerak. Dalam Program Organisasi Penggerak, Yayasan Nusantara Sejati menandatangani MoU ini bersama dengan Pemerintah. Terdapat 6 kabupaten/ kota yang menjadi sasaran program dari YNS, yakni Kabupaten Jayapura, Keerom, Sarmi, Lanny Jaya, Mamberamo Tengah, dan Kota Jayapura. Beliau menyampaikan bahwa YNS diberi kepercayaan untuk membantu dalam 2 tahun. Sehingga beliau berharap agar angka statistic pendidikan khususnya literasi di 6 Kabupaten/ Kota ini bisa meningkat.

Fokus utama program yang dilakukan YNS adalah penguatan literasi kelas awal di 6 kabupaten tersebut. Hal ini dikarenakan masalah literasi di wilayah papua dan papua barat banyak terjadi di kelas awal. YNS memiliki terobosan dalam program literasi yang dilakukan yaitu literasi dengan pemahaman yang nantinya anak dididik tidak sekedar membaca dan menulis. Melainkan anak dididik untuk dapat memahami apa yang dibaca dan ditulis.

Dengan motivasi yang kuat, YNS berupaya untuk meningkatkan literasi di wilayah Papua secara signifikan dan secara bertahap menyeluruh ke seluruh wilayah di Papua.

Bagikan Artikel :
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Mari Berkontribusi dan Menjadi Bagian Dari Upaya Kami

Kami menerima kontribusi keuangan dari perorangan atau pribadi, yayasan, perusahaan, dan entitas lainnya. Kontribusi Anda dapat diberikan ke akun berikut:

Bank Mandiri
a/n Yayasan Nusantara Sejati
No Rek : 102 00 10022223

Konfirmasi Donasi : iggrd@iggrd.or.id

Terima kasih atas donasi yang Anda berikan.