Perubahan pada Kemampuan Literasi Siswa Kelas Awal di SD Inpres 2 Fakfak Setelah Intervensi Yayasan Nusantara Sejati

Literasi baca tulis di Papua
Literasi baca tulis di Papua - sekolah intervensi

Di SD Inpres 2 Fakfak, ditemukan ada kemajuan respons guru terhadap anak yang tidak mampu membaca. Sebelum diintervensi Yayasan Nusantara Sejati, guru cenderung memarahi dan menyalahkan anak. Setelah menerima pelatihan dan pendampingan, guru perlahan mulai berubah dengan memberikan respon yang baik seperti memberikan semangat kepada murid yang belum mampu membaca. Pada Gambar 1, terlihat ekspresi positif pada anak saat diberi semangat oleh guru di depan kelas.

Pada Gambar 2 terlihat peningkatan kemampuan menulis pada salah satu siswa di SD Inpres 2 Fakfak. Sebelum diintervensi, tampak si anak belum memahami penggunaan tanda baca titik dan penggunaan huruf kapital. Sesudah diintervensi kurang lebih 3 bulan, terlihat adanya perubahan pada tulisan anak yang sama. Anak itu telah menggunakan tanda baca, tanda titik di akhir kalimat, dan menggunakan huruf kapital di awal kalimat.

Bagikan Artikel :
Facebook
LinkedIn
WhatsApp
Telegram

Mari Berkontribusi dan Menjadi Bagian Dari Upaya Kami

Kami menerima kontribusi keuangan dari perorangan atau pribadi, yayasan, perusahaan, dan entitas lainnya. Kontribusi Anda dapat diberikan ke akun berikut:

Logo Yayasan Nusantara Sejati

Bank Mandiri
a/n Yayasan Nusantara Sejati
No Rek : 102 00 10022223

Konfirmasi Donasi : iggrd@iggrd.or.id

Terima kasih atas donasi yang Anda berikan.