Search

Revitalisasi SD Tampahan: Pekan Literasi & Ekshibisi Pembelajaran SD Negeri 175803 Tampahan

Pada tanggal 6 Mei 2024, bertempat di SDN 175803 Tampahan, Kabupaten Toba, diselenggarakan kegiatan Pekan Literasi & Ekshibisi Pembelajaran. Kegiatan ini merupakan kegiatan puncak dari Program Revitalisasi Sekolah Dasar Negeri 175803 Tampahan yang dilaksanakan oleh Yayasan Nusantara Sejati (YNS), bekerjasama dengan Bank Rakyat Indonesia (Bank BRI).

Program revitalisasi ini diinisiasi oleh Yayasan Nusantara Sejati dengan tujuan meningkatkan kualitas sumber daya manusia di wilayah pinggiran Danau Toba yang sudah ditetapkan Pemerintah Pusat sebagai Kawasan wisata prioritas. Program revitalisasi ini terdiri dari beberapa kegiatan yang tujuannya adalah untuk meningkatan kualitas proses pembelajaran literasi baca tulis dengan pemahaman di SD Negeri 175803 Tampahan. Untuk mencapai tujuan itu, YNS dan BRI melakukan renovasi ringan terhadap bangunan sekolah, mengganti meja dan kursi, mengecat ruangan kelas dan perpustakaan sekolah, membuat sudut baca disetip ruangan kelas. Selain itu juga dilaksanakan pelatihan bagi guru (literasi 9 komponen), disiplin positif, pelatihan manajemen berbasis sekolah yang tidak hanya melibatkan kepala sekolah, tetapi juga komite sekolah dan tokoh masyarakat.

Agar proses revitalisasi dapat berjalan sesuai rencana, YNS menenampatkan seorang fasilitator yang sudah memiliki pengetahuan dan pengalaman yaitu Sdr. Reni Silaban. Selama 6 bulan, Reni Silaban melatih serta mendamping kepala sekolah, guru dan komite sekolah dalam menjalankan seluruh target kegiatan yang sudah dirancang sebelumnya.

Setelah 6 bulan berlangsung, program revitalisasi berhasil mengubah penampilan sekolah secara siknifikan, mengembangkan system manajemen sekolah yang lebih partisipatif, akuntabel dan transparan. Keterampilan para guru dalam mengajar juga bertambah dan yang paling penting adalah mindset guru yang berubah. Para guru tidak lagi menghukum anak, terutama hukuman yang bersifat menyakiti, mempermalukan siswa.

Pelaksanaan acara Pekan Literasi & Ekshibisi Pembelajaran ini dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Toba, Bapak Rikardo Hutajulu dan berjalan dengan semarak dan lancar. Hadir juga dalam kesempatan itu Direktur Eksekutif Yayasan Nusantara Sejati, Bapak Eka Toba Putra Simanjuntak, Manajer BRI Cabang Balige, Bapak Affan , Ketua Ikatan Guru Indonesia Kabupaten Toba, Bapak Joko Lumbantoruan, Camat Tampahan, Ibu Lisbet Mariani Situmorang, Kepala Desa Lintong Nihuta, Bapak Holong Simanjuntak, serta perwakilan dari tokoh masyarakat, sekolah-sekolah yang bertetangga dengan SDN 175803 Tampahan.

Acara dimulai dengan mengajak para tamu berkelilingi mengunjungi setiap kelas. Disetiap kelas para tamu undangan disambut oleh duta kelas (perwakilan siswa) yang dengan semangat tinggi memamerkan keterampilan dan hasil kerja masing-masing. Diskusi antara perwakilan pemangku kepentingan (Camat, Kepala Desa, Kepala Sekolah, YNS, Bank BRI, tokoh masyarakat) terkait keberlanjutan program ini. Selanjutnya dilaksanakan kegiatan lomba puisi, lomba pidato, dan lomba membaca cerita yang diikuti oleh siswa yang mewakili masing-masing kelas.

Di akhir acara direktur YNS secara simbolis menerahkan laporan pelaksanaan program revitalisasi kepada Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Toba, Perwakilan Bank BRI. Kemudian diikuti dengan penyerahan piagam dan piala kepada masing-masing pemenang lomba.

Bagikan Artikel :
Facebook
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Artikel Lain di Update YNS