Search

Pelatihan Perencanaan dan Penganggaran Replikasi Program Literasi Baca Tulis di Tanah Papua

Pada tanggal 13-14 September 2023, Yayasan Nusantara Sejati menggelar Pelatihan Perencanaan dan Penganggaran Program Replikasi Literasi Baca-Tulis di Tanah Papua. Acara ini berlangsung di Hotel Aston Sorong, Kota Sorong, Papua Barat Daya, dan dihadiri oleh perwakilan Dinas Pendidikan dan Bappeda dari berbagai daerah, termasuk Kabupaten Kaimana, Kabupaten Fakfak, Kabupaten Manokwari, Kabupaten Teluk Bintuni, Kabupaten Sorong, Kota Sorong, Kabupaten Sorong Selatan, dan Kabupaten Raja Ampat.

Dalam pelatihan Perencanaan dan Penganggaran Program Replikasi Literasi Baca-Tulis di Tanah Papua ini, Yayasan Nusantara Sejati memaparkan praktik terbaik Program Intervensi Literasi Baca-Tulis yang telah dijalankan. Selain itu, peserta pelatihan juga terlibat dalam diskusi mengenai peluang perencanaan program literasi baca-tulis, membahas Raport Mutu Pendidikan serta Standar Pelayanan Minimal Pendidikan di Tanah Papua, integrasi Program Literasi Baca-Tulis ke dalam Dokumen Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RENJA), hingga simulasi penyusunan rencana dan anggaran oleh masing-masing kabupaten.

Sebagai hasil dari pelatihan ini, Kabupaten Kaimana dan Kabupaten Fakfak telah berkomitmen untuk mengalokasikan dana untuk mendukung program literasi membaca dan menulis. Sementara itu, Provinsi Papua Barat Daya juga berkomitmen untuk menganggarkan kegiatan survei dasar Early Grade Reading Assessment (EGRA) di lima kabupaten di wilayah Papua Barat Daya.

Bagikan Artikel :
Facebook
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Artikel Lain di Update YNS