Rangkaian Pelatihan Daring untuk Berbagai Keterampilan Mengajar dan Belajar Dalam Mengantisipasi Strategi Pembelajaran Blended/Hybrid Learning

Dimasa pandemi Covid-19 Yayasan Nusantara Sejati bekerja sama dengan Unicef dan Prudential mengadakan rangkaian kegiatan pelatihan dalam rangka memotivasi dan meningkatkan kompetensi para tenaga pendidik yang ada di berbagai tempat di Indonesia.

Rangkaian kegiatan pelatihan ini sepenuhnya dilaksanakan secara daring (online) dengan memanfaatkan aplikasi Zoom dan pendampingan rutin menggunakan aplikasi Whatsapp. Pelatihan dibagi menjadi dua bagian yaitu Paket C & D. Paket C dilaksanakan sejak tanggal 2 hingga 23 November 2020 dengan fokus pada Pendekatan Disiplin Positif (11 hari) dan Pelatihan Literasi Finansial (4 hari). Sedangkan Paket D dilaksanakan sejak tanggal 27 Oktober hingga 30 November 2020 yang berfokus kepada materi-materi tentang Pemanfaatan Teknologi dalam Pembelajaran (4 hari), Pendidikan Jarak Jauh & Kurikulim Darurat (4 hari), dan Pendekatan Pembelajaran yang Berpusat Pada Siswa dan 4T atau Telaah-Teliti, Tata dan Tutur (14 hari).

Seluruh rangkaian pelatihan ini dipandu oleh para narasumber dan pelatih yang berasal dari internal YNS yang dibantu oleh beberapa tenaga ahli dari luar YNS. Pelatihan Paket C diikuti oleh kurang lebih 398 orang kepala sekolah dan guru, sedangkan Paket D diikuti oleh kurang lebih 488 orang kepala sekolah dan guru. Peserta berasal dari berbagai daerah di Indonesia seperti Aceh, Medan, Palembang, Jakarta, Salatiga, Bontang, Palu, Jayapura, dsb. Walau pelatihan ini berlangsung cukup lama, antusiasme peserta pelatihan terhadap kegiatan sangat tinggi, ini dapat dilihat dari jumlah peserta yang mengikuti tidak berkurang.  Ini dikarenakan pendekatan yang dipakai oleh YNS berbeda dengan pendekatan yang dilakukan dalam kegiatan-kegiatan online pada umumnya. Dalam pelatihan online YNS ini, peserta diajak berdialog, berbagi cerita dan pengalaman mereka dalam merencanakan, mengelola dan mengevaluasi pembelajaran. Para peserta dapat berdiskusi langsung dengan para narasumber dan peserta lainnya, bahkan beberapa peserta yang dianggap punya pengalaman yang baik, diberi kesempatan untuk menjadi narasumber.

Jika tertarik untuk mengikuti proses pelatihan-pelatihan ini, ikuti beritanya di laman sosial media resmi YNS (Instagram: @willitoisuta.associates dan Facebook: yns.iggrd).

Bagikan Artikel :
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Mari Berkontribusi dan Menjadi Bagian Dari Upaya Kami

Kami menerima kontribusi keuangan dari perorangan atau pribadi, yayasan, perusahaan, dan entitas lainnya. Kontribusi Anda dapat diberikan ke akun berikut:

Bank Mandiri
a/n Yayasan Nusantara Sejati
No Rek : 102 00 10022223

Konfirmasi Donasi : iggrd@iggrd.or.id

Terima kasih atas donasi yang Anda berikan.