Search

Sosialisasi Penerapan Disiplin Positif untuk Orang Tua YNS- UNICEF

Pada tanggal 14 hingga 16 Oktober 2020, Yayasan Nusantara Sejati (YNS) bekerjasama dengan UNICEF, melaksanakan Kegiatan Sosialisasi Penerapan Disiplin Positif untuk Orang Tua.  Kegiatan yang diselenggarakan secara daring ini diikuti oleh 344 peserta, yang merupakan orang tua siswa dari berbagai daerah di Indonesia seperti, Medan, Semarang, Klaten, dan kota lain nya di Indonesia. Adapun tujuan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman orang tua dalam menumbuhkan dan memperkuat perilaku anak sebagai upaya menghapus praktik pemberian hukuman dan kekerasan pada anak. Sekitar 248 orang peserta hadir dalam kegiatan tersebut.

Kegiatan sosialisasi ini  dibuka oleh Direktur YNS, Eka Toba Putra Simanjuntak, dan Derry Fahrizal Ulum sebagai perwakilan dari UNICEF. Sosialisasi ini berlangsung selama 3 hari, per harinya terdapat 2 sesi dan masing-masing sesi berdurasi 2 jam.

Sesi pertama diawali dengan menggali pengalaman para peserta semasa kecil. Peserta berbagi cerita tentang berbagai perilaku ‘nakal’ dimasa kecil, yang diganjar hukuman oleh orangtua maupun guru. Banyak dari peserta yang mengaku mendapatkan hukuman dari orang tua mereka saat mereka berbuat ‘nakal’ saat masih kecil. Hukuman yang diberikan pun beragam, salah satu peserta, Ibu Dian mengatakan bahwa saat masih kecil beliau pernah mendapatkan hukuman karena mengambil ikan dan mangga milik tetangga bersama teman temannya. Lalu timbul satu pertanyaan besar, “Apakah memberikan hukuman dapat mendisiplinkan anak ?’  Pertanyaan ini kemudian memicu diskusi menarik antara narasumber dan peserta.

Agar kegiatan yang dilaksanakan secara online ini dapat berjalan secara efektif (waktunya sangat terbatas) maka YNS menerapkan pendekatan yang berbeda dengan kegiatan tatap muka. Kegiatan ini lebih banyak menggali pengalaman para peserta, pemutaran video pendek, yang kemudian didiskusikan dan didialogkan secara interaktif. Pengalaman peserta dan kasus-kasus yang disampaikan melalui video pendek ini kemudian dianalisa berdasarkan prinsip-prinsip Disiplin Positif. Dengan pendekatan seperti ini, peserta diharapkan dapat langsung menerapkan prinsip dan langkah-langkah Disiplin Positif dalam kehidupan mereka sehari-hari.

Rekaman video kegiatan sosialisasi ini dapat diakses dilink dibawah ini;

http://bit.ly/SosialisasiDispoOrangTua

Bagikan Artikel :
Facebook
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Artikel Lain di Pengembangan Kapasitas