Workshop Pemahaman EDS + PAUD HI Dan Delapan SNP Untuk Penilik Dari Dinas Pendidikan Kab. Bogor

Dalam rangka mengoptimalkan satuan lembaga PAUD sebagai pemberi layanan holistik dan integratif, UNICEF bekerja sama dengan YNS mengembangkan instrumen Evaluasi Diri Satuan (EDS), menjadi EDS + PAUD-HI. Dalam  EDS + PAUD-HI ini istrumennya tidak hanya tentang Delapan Standar Nasional Pendidikan (SNP) tetapi ditambah instrumen yang berkaitan dengan pelaksanaan lima layanan PAUD-HI.

EDS merupakan salah satu bentuk pemetaan mutu lembaga PAUD yang diisi oleh lembaga PAUD sendiri dengan jujur dan transparan. Melalui pemetaan yang dilakukan oleh lembaga PAUD, akan ditemukan akar permasalahan yang dihadapi dan kemudian dapat dijadikan rumusan bagi lembaga PAUD untuk melakukan pengembangan dalam pengelolaan lembaga. Oleh sebab itu, evaluasi diri merupakan ulasan internal yang vital dalam memberikan masukan untuk peningkatan mutu lembaga PAUD.

Penambahan pertanyaan tentang pelaksanaan lima layanan PAUD-HI, diharapkan dapat pula menjadi cermin bagi lembaga itu sendiri dalam mengukur pelaksanaan layanan PAUD-HI di lembaga masing-masing.

Pengembangan instrumen ini merupakan permintaan Dinas Pendidikan Kab. Bogor yang disetujui oleh UNICEF. Hasil dari EDS + PAUD-HI ini dapat digunakan untuk melihat  satuan PAUD mana yang telah menjalankan PAUD-HI di Kab. Bogor. Instrumen ini selanjutnya akan dibuat dalam versi online sehingga dapat diisi langsung oleh semua satuan PAUD Kab. Bogor.

Untuk membantu lembaga dalam memahami dan menggunakan instrumen ini, sosialisasi dilakukan dalam bentuk workshop penggunaan instrumen untuk lembaga PAUD. Workshop dilakukan dalam tiga kelompok. Acara untuk Kelompok Pertama diikuti oleh 40 penilik dari Dinas Pendidikan Kab. Bogor dan dilaksanakan pada 11-12 Juli 2019. Semua kegiatan workshop dilakukan di Kinasih Resort and Conference, Caringin, Bogor.

Workshop ini diharapkan dapat memberikan penyegaran tentang konsep PAUD-HI dan konsep Delapan SNP serta implikasinya dalam pengelolaan PAUD-HI; membantu penilik, guru, dan pengelola lembaga PAUD dalam membina dan memahami penggunaan instrumen evaluasi diri; dan membantu lembaga PAUD mengetahui kondisi dan permasalahan yang dihadapi dengan tujuan untuk menemukan solusi dalam meningkatkan mutu lembaga PAUD.

 

Bagikan Artikel :
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Mari Berkontribusi dan Menjadi Bagian Dari Upaya Kami

Kami menerima kontribusi keuangan dari perorangan atau pribadi, yayasan, perusahaan, dan entitas lainnya. Kontribusi Anda dapat diberikan ke akun berikut:

Bank Mandiri
a/n Yayasan Nusantara Sejati
No Rek : 102 00 10022223

Konfirmasi Donasi : iggrd@iggrd.or.id

Terima kasih atas donasi yang Anda berikan.