Search

Rapat Pembukaan Implementasi Program Review di Kalurahan Guwosari, Kalurahan Sriharjo, dan Kabupaten Bantul Tahun 2023-2024

Pada hari Rabu, 18 Oktober 2023, Yayasan Nusantara Sejati, bersama dengan Admawidya Alterasi Indonesia, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Bantul (Bappeda), dan Pemerintah Desa, bersama dengan Dewan Musyawarah Desa (Bamuskal atau BPD) Guwosari dan Sriharjo, menyelenggarakan rapat pembukaan untuk pelaksanaan Program Review di Desa Guwosari, Desa Sriharjo (pada tingkat desa), dan di Kabupaten Bantul (pada tingkat kabupaten) untuk tahun 2023-2024.

Program Review adalah metode evaluasi pembangunan berbasis masyarakat yang prosesnya terbuka dan melibatkan berbagai pihak. Implementasi Program Review di Indonesia adalah proyek kerja sama antara Japan Initiatve dan Yayasan Nusantara Sejati, dengan dukungan dari Kementerian Luar Negeri Jepang.

Di Jepang, Program Review telah diterapkan sejak tahun 2002 oleh 145 pemerintah daerah. Sedangkan di Indonesia, Program Review telah diuji coba dan diterapkan pada tingkat kalurahan di kalurahan Guwosari dan kalurahan Sriharjo pada tahun 2022 dan 2023, serta pada tingkat kota/kabupaten di Kabupaten Bantul dan Kota Surabaya pada tahun 2023.

Implementasi Program Review diharapkan dapat mendorong konsep pemerintahan terbuka dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam mengevaluasi kegiatan pembangunan pemerintah di Indonesia, baik pada tingkat desa maupun pada tingkat kota/kabupaten.

Bagikan Artikel :
Facebook
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Artikel Lain di Update YNS