Search

Ibu Maria Kabei, Seorang Guru dan Satu-satunya Pengajar di SD Negeri Atamali

Kunjungan YNS (Yayasan Nusantara Sejati) di SD Negeri Atamali, Kampung Khameyakha, Distrik Ebungfauw, Kab. Jayapura pada 15 Maret 2023. SD tersebut merupakan “SD filial” atau kelas jauh dari SDN Inpres Khameyakha, terdiri dari 3 kelas (kelas 1, 2, dan 3) yang diampu oleh 1 orang guru, Ibu Maria Kabei. Jumlah siswa sekitar 13 orang.

Ibu Maria juga seorang pengasuh sekolah minggu. Ia senang mengajar anak-anak, mudah berinteraksi dengan siswa, membacakan buku cerita dan bernyanyi bersama anak-anak. Ia senang sekali mendapat kunjungan dari YNS dan berharap akan sering mendapat perhatian termasuk juga dari Dinas Pendidikan.

Ibu Maria Kabei tinggal di Komba Sentani dan harus menyebrang danau menggunakan boat penumpang, dengan ongkos Rp30.000 pulang-pergi, dan sewa ojek Rp40.000 pulang-pergi dari rumah ke pelabuhan. Total biaya transportasi Rp70.000 per hari.

Menurut Ibu Maria, ia masih tenaga honor dengan pendapatan yang sangat rendah. Biaya transportasi yang tinggi dan pendapatan sebagai guru honor yang rendah menyebabkan Ibu Maria sering tidak hadir di sekolah dan jarang mengikuti kegiatan YNS. Ia berjualan di kios untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Ibu Maria berharap kepada Dinas Pendidikan agar ada solusi terkait gaji dan statusnya.

Bagikan Artikel :
Facebook
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Artikel Lain di Update YNS