Search

Kegiatan Prakarya di Rumpin Goras

Rumah Pintar 1.1
Rumah Pintar 2
Rumah Pintar 3

Anak-anak Rumpin Goras dampingan Yayasan Nusantara Sejati (YNS) di Kabupaten Fakfak, membuat Prakarya dengan memanfaatkan material dari alam.

Normalia menggambar ikan dengan memanfaatkan sisik ikan yang telah dikeringkan dan diberi warna dengan pewarna makanan. Sedangkan, Aida Fitri menggambar pohon dengan memanfaatkan Kerang Laut yang juga sudah diwarnai dengan pewarna makanan.

Aktivitas membuat prakarya ini diharapkan dapat menumbuh-kembangkan kreativitas dan inovasi dari anak-anak di Kampung Goras. Aktivitas ini juga dimaksudkan untuk mengasah kemampuan motorik halus anak, serta melatih kesabaran mereka.

Pembuatan prakarya ini menjadi bagian dari proses belajar CCB (Cakap, Cerdas, Berkarakter) yang dikembangkan YNS, yakni mengembangkan karakter dan soft skils anak melalui pembelajaran tentang lingkungan (hard skills).

Sebelum membuat prakarya (gambar ikan dan pohon), fasilitator memfasilitasi anak dalam mengidentifikasi apa saja yang ada dalam lingkungan sekitar. Melalui diskusi tanya jawab, fasilitator dan anak membangun kesadaran bersama akan pentingnya lingkungan bagi masyarakat kampung, sehingga harus dijaga kelestariannya agar dapat menopang kehidupan masyarakat secara berkelanjutan.

Kesadaran akan pentingnya Ikan dan Kerang bagi masyarakat kampung diekspresikan anak-anak melalui pembuatan prakarya Gambar Ikan dan Pohon. Keindahan ikan dan pohon yang dihasilkan merupakan ungkapan rasa akan kecintaan anak-anak pada ikan dan pohon.

Setelah membuat Prakarya, anak-anak melanjutkan kegiatan dengan membaca buku cerita yang terkait dengan pengembangan kesadaran anak tentang kelestarian lingkungan alam. Aktivitas membaca ini sekaligus mengembangkan kemampuan baca dan budaya baca bagi anak-anak di Kampung.

Bagikan Artikel :
Facebook
LinkedIn
WhatsApp
Telegram