Upaya Meningkatkan Kegemaran Membaca Anak Melalui Proses Revitalisasi Perpustakaan Ramah Anak

Program penguatan Literasi Baca Tulis Kelas Awal di Kabupaten Jayapura dilakukan melalui sejumlah kegiatan. Selain melakukan pelatihan dan pendampingan bagi guru kelas dalam melaksanakan pembelajaran Literasi, dilakukan juga upaya peningkatan akses terhadap bacaan seperti pembuatan Sudut Baca dan Revitalisasi Perpustakaan.

Pada kegiatan Revitalisasi Perpustakaan, pertama-tama, pustakawan dilatih tentang bagaimana mengelola perpustakaan menjadi Perpustakaan Ramah Anak.

Kedua, pustakawan didampingi dalam melakukan pembenahan ruangan sesuai kebutuhan mulai dari penyediaan karpet, lemari, meja, perbaikan atap jika diperlukan, dan pengerjaan display ruangan perpustakaan. Kegiatan ini dapat melibatkan warga sekolah untuk ikut berpartisipasi.

Ketiga, disediakan buku-buku bacaan kontekstual yang relevan dengan anak. Buku-buku tambahan untuk memperkaya pengetahuan juga dapat disediakan.

Keempat, pustakawan melakukan persiapan administrasi perpustakaan dan dilakukan penjadwalan bagi para siswa untuk berkunjung di perpustakaan. Siswa juga dapat dilibatkan sebagai petugas piket.

Para siswa akan semakin gemar membaca dengan tersedianya perpustakaan sebagai ruang baca yang nyaman, dilengkapi dengan buku-buku yang diminati untuk mereka baca serta pustakawan yang selalu ada memfasilitasi mereka.

Bagikan Artikel :
Facebook
LinkedIn
WhatsApp
Telegram

Mari Berkontribusi dan Menjadi Bagian Dari Upaya Kami

Kami menerima kontribusi keuangan dari perorangan atau pribadi, yayasan, perusahaan, dan entitas lainnya. Kontribusi Anda dapat diberikan ke akun berikut:

Logo Yayasan Nusantara Sejati

Bank Mandiri
a/n Yayasan Nusantara Sejati
No Rek : 102 00 10022223

Konfirmasi Donasi : iggrd@iggrd.or.id

Terima kasih atas donasi yang Anda berikan.