Search

Mengubah Sampah menjadi Harta: Inisiatif PBL Menginspirasi Inovasi Ramah Lingkungan di SD YPK Yongsu Spari

Pada tanggal 16 November 2023, Fasilitator YNS, Lasarus Samanui, melakukan pendampingan pelaksanaan Modul PBL (Project Based Learning) di SD YPK Yongsu Spari. Project Based Learning yang dilaksanakan adalah pengenalan Jenis sampah dan pemanfaatan sampah menjadi bahan daur ulang.

Pada awal kegiatan, fasilitator mendampingi siswa-siswa kelas 4,5, dan 6 mengenal pentingnya menjaga kebersihan lingkungan. Kemudian fasilitator bersama para siswa mengumpulkan sampah di sekitar sekolah, dan dari sampah yang terkumpul, fasilitator membantu mengenalkan setiap jenis sampah dan lamanya sampah terurai kepada para siswa. Fasilitator juga memberikan kesempatan kepada para siswa untuk aktif berpendapat mengenai sampah yang diperoleh dapat dimanfaatkan kembali menjadi benda yang bermanfaat atau tidak.

Pada kegiatan ini, para siswa juga membuat barang-barang yang bermanfaat dari sampah-sampah yang dikumpulkan, seperti tempat semai tanam yang dibuat dari botol bekas dan kain, lalu bunga yang dibuat dari bungkusan makanan ringan, aqua gelas, dan kaleng. Kemudian pemanfaatan styrofoam menjadi lem, dan sampah kaleng yang dijadikan tempat penyimpanan pensil.

Penerapan pemanfaatan sampah menjadi barang-barang yang bermanfaat seperti ini akan sangat baik apabila dilakukan secara berkelanjutan, maka dari itu Fasilitator (Lasarus Samanui) akan memastikan bahwa ilmu yang diperoleh siswa pada kegiatan PBL ini dapat diterapkan di lingkungan siswa berada/tinggal.

Bagikan Artikel :
Facebook
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Artikel Lain di Update YNS