Search

Penerapan Project Based-Learning (PBL) Rumpin Goras, Tahap Pertama – Telaah

Kampung Goras, Kab. Fakfak, Papua Barat —  Rumpin (rumah pintar) Bumetasi, Kampung Goras pada tanggal 26 Juni 2022 melaksanakan PBL, dengan mengangkat permasalahan Ikan dan Masyarakat Kampung Goras.

Pada Tahapan Pertama ini, Fasilitator Pendamping mengajak anak-anak untuk menelaah keberadaan dan arti Ikan bagi masyarakat Kampung Goras.

Dalam suasana gembira, anak-anak menjawab sejumlah pertanyaan yang diajukan fasilitator terkait pemahaman mereka tentang keberadaan ikan di Kampung Goras. Antara lain: Jenis-jenis ikan apa saja yang ada di Kampung Goras? Apa nama-nama ikan yang mereka kenal dalam bahasa lokal? Ikan apa saja yang dikonsumsi masyarakat? Bagaimana ikan dimasak oleh orang tua mereka? Bahan-bahan apa saja yang digunakan? Ikan apa saja yang dijual oleh orang tua mereka? Apa manfaat ikan menurut anak-anak? Apa saja bagian-bagian dari ikan? Bagaimana menangkap ikan di laut? Bagaimana perasaan mereka jika tidak ada Ikan di Kampung Goras? Dan sebaginya.

Pada tahapan ini Anak belajar bersama, saling melengkapi dalam memahami ikan, di samping mendapat penguatan dan penjelasan tambahan lainnya dari Fasilititator.

Selain memperkuat pemahaman anak yang sudah ada tentang ikan, anak-anak juga semakin menyadari arti pentingnya ikan bagi mereka dan bagi kehidupan masyarakat Kampung Goras.

Bagikan Artikel :
Facebook
LinkedIn
WhatsApp
Telegram