Search

Buku “Rok Rah Biru” Karya Anak Rumpin Babo

Rumpin 1 rumah pintar bintuni
Rumpin 2 rumah pintar bintuni
Rumpin 3 rumah pintar bintuni
Rumpin 4 rumah pintar bintuni
Rumpin 5 rumah pintar bintuni
Rumpin 6 rumah pintar bintuni
Rumpin 7 rumah pintar bintuni

Rumpin atau Rumah Pintar merupakan salah satu program penting yang sedang difasilitasi YNS pada beberapa Kampung di Papua Barat. Bekerja sama dengan tokoh masyarakat setempat, program ini ditopang oleh LNG Tangguh. Kegiatan di setiap Rumah Pintar (Rumpin), bukan hanya bermain dan belajar. Namun, setiap anak juga didorong untuk membuat karya dalam bentuk apa pun sejak usia dini.

Rumpin Babo merupakan salah satu Rumpin dampingan Yayasan Nusantara Sejati. Ada cukup banyak buku cerita yang dihasilkan anak-anak Rumpin. Salah satunya adalah Buku Cerita Rok Rah Biru. Proses pembuatan buku cerita ini diawali dengan anak bercerita tentang apa yang mereka alami sehari-hari. Dari cerita ini, anak diminta untuk menentukan satu topik cerita. Setelah anak menentukan topik, mereka menceritakan pengalaman yang mereka alami. Berdasarkan cerita tersebut, anak diminta untuk menggambar setiap peristiwa yang terjadi secara detail, lalu diwarnai dengan warna favorit mereka. Seluruh cerita dijadikan satu sesuai urutan, dan dilengkapi dengan cover buku yang berisi judul, nama penulis, dan ilustrator.

Kegiatan ini diakhiri dengan meminta anak bercerita kepada teman-temannya sembari menunjukkan buku ciptaan mereka sendiri dengan senang.

Bagikan Artikel :
Facebook
LinkedIn
WhatsApp
Telegram