Pendampingan SD YPK Tablanusu, Kab. Jayapura – Yayasan Nusantara Sejati

SD YPK Tablanusu terletak di kampung Tablanusu atau dikenal dengan kampung Enti yebo, Kec. Depapre Kab Jayapura. SD YPK Tablanusu salah satu sekolah replikasi dinas, yang menjadi sekolah dampingan Japannatcom untuk program literasi. Sekolah memiliki 5 guru kelas, 1 orang guru mapel dan seorang ibu kepala yang merangkap mengajar di kelas dua.

Pendampingan Literasi Guru

Sebelum program literasi masuk ke SD YPK Tablanusu, keadaan kelas masih sangat kurang display di kelas seperti sudut baca dan sebagainya. Dan beberapa guru, terkadang tidak hadir di sekolah tanpa keterangan yang diketahui oleh kepala sekolah. Hal tersebut terjadi karena konflik perebutan jabatan kepala sekolah . Dan pada bulan Oktober  2020 minggu ke 3, SD YPK Tablanusu menjadi sekolah dampingan program literasi. Kepala sekolah dan semua guru kelas (kelas 1 – 6) serta penjaga sekolah diberikan IHT (In House Training) Literasi, Dispo, Keterampilan baru serta KKG.

Pada saat KKG membahas agenda program literasi dan ada juga sesi serba-serbi. Pada saat serba-serbi  membahas kendala-kendala yang menyebabkan guru tidak masuk tanpa keterangan dan juga tentang konflik perebutan jabatan kepala sekolah. Akhirnya, masalah terselesaikan dan semua guru bisa bekerja sama untuk membuat sudut baca, mengecat ruang kelas karena dinding kelas banyak yang kotor serta merevitalisasikan perpustakaan.

Proses Pembuatan Sudut Baca

Semua proses di atas dan proses prapendampingan guru dan pendampingan guru membuat perubahan prilaku guru termasuk dalam pembelajaran mengajar di kelas. Hal itu membuat pembelajaran di kelas menjadi aktif, menarik dan siswa-siswa jadi senang belajar. Program literasi juga mempunyai satu kegiatan yaitu mendorong kepala sekolah melakukan supervise terhadap guru pada saat melakukan pembelajaran. Pada saat kepala sekolah melakukan  supervise guru kelas awal, kepala sekolah menggunakan IKG.

Dan satu kegiatan dari program literasi yaitu mendorong kepala sekolah dan stakeholder sekolah mengadakan rapat konsolidasi dengan membahas beberapa agenda yang dibutuhkan sekolah untuk mendorong pemangku kepentingan serta orangtua memberikan dukungan ke sekolah berupa dana, jasa dan barang. Salah satu agenda rapat konsolidasi yaitu pemaparan RKAS dan RKS sekolah. Hal ini dilakukan agar ada keterbukaan dari pihak sekolah ke pemangku kepentingan di kampung dan juga orangtua murid SD YPK Tablanusu. 

Adanya pemaparasan penggunaan anggaran dana sekolah tersebut, sehingga kepala kampung (pemangku kepentingan) dan orangtua mengetahui jumlah dana bos dam penggunaannya. Hasil akhirnya rapat konsolidasi yaitu pihak pemangku kepentingan memberikan bantuan pengajian guru honorer (guru agama) dan operator sekolah. Serta ada beberapa kesepakatan yang harus difollow up oleh pendamping baru yang bertugas di sekolah yaitu pemberian makanan tambahan (PMTAS) sebesar 10juta pertahun, dan sumbangan pendidikan perkeluarga dibebankan Rp 20.000,-.

Bagikan Artikel :
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Let's Contribute and Be Part of Our Efforts

Kami menerima kontribusi keuangan dari perorangan atau pribadi, yayasan, perusahaan, dan entitas lainnya. Kontribusi Anda dapat diberikan ke akun berikut:

Bank Mandiri
a/n Yayasan Nusantara Sejati
No Rek : 102 00 10022223

Konfirmasi Donasi : iggrd@iggrd.or.id

Terima kasih atas donasi yang Anda berikan.