Disiplin Berkarakter

Kekerasan terhadap anak sudah sampai pada tingkat yang mengkhawatirkan. Ironisnya, para pelaku kekerasan ini adalah orang-orang yang dekat dengan anak; Guru, orangtua, atau orang dewasa di sekitar anak.

Kekerasan terhadap anak oleh guru maupun orangtua biasanya dilakukan dalam bentuk hukuman, yaitu upaya untuk mengontrol perilaku anak agar sesuai dengan keinginan orangtua, namun dengan memberikan rasa sakit. Hukuman tersebut bisa dalam bentuk fisik, non fisik, ataupun keduanya.

Seringkali, guru atau orangtua tidak menyadari bahwa hukuman memberi dampak negatif bagi anak baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Persoalannya adalah, jika hukuman membawa dampak negatif bagi anak, lalu bagaimana caranya mendisiplinkan anak tanpa kekerasan?

Disiplin Berkarakter merupakan salah satu alternatif yang bisa digunakan dalam mendisiplinkan anak tanpa kekerasan, bahkan membangun karakter baik Anak.

Disiplin Berkarakter merupakan pendekatan yang sangat tepat untuk memberikan pemahaman yang tepat kepada orang dewasa dan anak. Menyadarkan anak akan tingkah lakunya sendiri, bertanggungjawab, serta menghormati dirinya dan orang lain. Menanamkan proses pemikiran dan perilaku positif sepanjang hidup anak. 

Terdapat 4 aktivitas dalam pelaksanaan program Disiplin Berkarakter :

Mari Berkontribusi dan Menjadi Bagian Dari Upaya Kami

Kami menerima kontribusi keuangan dari perorangan atau pribadi, yayasan, perusahaan, dan entitas lainnya. Kontribusi Anda dapat diberikan ke akun berikut:

Bank Mandiri
a/n Yayasan Nusantara Sejati
No Rek : 102 00 10022223

Konfirmasi Donasi : iggrd@iggrd.or.id

Terima kasih atas donasi yang Anda berikan.