SMA YPPdK Gabungan Jayapura melalui Komite Sekolah mengundang Yayasan Nusantara Sejati selaku implementing partner UNICEF dalam kegiatan Sosialisasi Peran Orang Tua dalam Mendidik Anak Selama Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)

“Sosialisasi Peran Orang Tua dalam Mendidik Anak Selama Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)”

Dalam rangka menjawab persoalan yang dihadapi orang tua dalam mendampingi anak selama PJJ, SMA YPPdK Gabungan Jayapura melalui Komite Sekolahnya berinisiatif melaksanakan sosialisasi bagi orang tua. Pihak sekolah mengundang Yayasan Nusantara Sejati selaku implementing partner UNICEF untuk berbagi tips dan trik kepada orang tua tentang apa peran orang tua selama PJJ.

Pada pertemuan tersebut, Kepala Sekolah menyampaikan bahwa ada keluhan dari orang tua mengenai kendala-kendala yang dihadapi selama PJJ padahal PJJ ini akan terus dilakukan di SMA Gabungan karena selain pandemi, kondisi ruang kelas yang masih dalam tahap pembangunan.

Komite sekolah juga menekankan bahwa sosialisasi bagi orang tua diharapkan mampu mengatasi persoalan seperti kurangnya pemahaman orang tua terkait PJJ selama mendampingi anak.

Sesi kemudian dilanjutkan dengan membuka ruang diskusi bagi orang tua untuk menceritakan kendala-kendala yang mereka alami.

Sesi dilanjutkan dengan sharing berbagai praktik baik YNS selama ini dalam mendampingi sekolah melaksanakan PJJ di Tanah Papua.

Secara garis besar, sekolah dan orang tua harus bersinergi untuk mengidentifikasi kekuatan sekolah dan orang tua dalam melakukan PJJ seperti perangkat teknologi, akses internet, dan kemampuan sekolah dalam merancang pembelajaran yang optimal bagi anak. Hasil identifikasi tersebut akan menentukan rancangan PJJ.

Pada proses belajar diharapkan baik guru maupun orang tua memanfaatkan aktivitas sehari-hari anak di rumah dan lingkungannya sebagai aktivitas belajar. Dengan demikian, diharapkan anak memiliki pengalaman yang kaya sebagai sumber belajar. Guru juga dapat membantu orang tua dan anak memaknai aktivitas tersebut sebagai proses belajar.

Sesi ditutup dengan diskusi kembali bersama orang tua untuk memperkuat pemahaman orang tua.

Bagikan Artikel :
Facebook
LinkedIn
WhatsApp
Telegram

Mari Berkontribusi dan Menjadi Bagian Dari Upaya Kami

Kami menerima kontribusi keuangan dari perorangan atau pribadi, yayasan, perusahaan, dan entitas lainnya. Kontribusi Anda dapat diberikan ke akun berikut:

Logo Yayasan Nusantara Sejati

Bank Mandiri
a/n Yayasan Nusantara Sejati
No Rek : 102 00 10022223

Konfirmasi Donasi : iggrd@iggrd.or.id

Terima kasih atas donasi yang Anda berikan.